Apakah yang di maksud spondilosis servikal?

Spondilosis servikal adalah keadaan yang terjadi pada rusaknya ruas bagian tulang leher dan bantalannya, sehingga ketika menekan saraf di tulang belakang dan akan memberikan gejala berupa nyeri leher, bahu, dan kepala. Ada juga yang menyebut gejala ini dengan nama lain penyakit osteoartritis servikal. Spondilosis servikal bisa terjadi  pada penuaan (faktor usia), namun bisa bertambah buruk faktor juga.

Ketika seseorang mengalami pertambahan usia dan terjadinya penuaan, osteoartritis yang  sering terjadi, kemudian pada tulang leher. Osteoartritis terjadi pada tulang leher yang mengalami rusaknya jaringan serta sistem kinerja mulai menurun. Tulang leher memperbaiki jaringan yang rusak, namun yang terjadi memberi dampak buruk jaringan pada tulang menjadi tidak normal juga mempersempit tulang belakang. Bantalan tulang memiliki fungsi menjaga saraf tulang belakang ketika adanya keadaan darurat. Penyempitan tulang belakang akan membuat saraf tulang belakang mengalami tekanan serta fungsinya akan terganggu.

Spondilosis servikal paling sering ditemukan pada usia lanjut sekitar 40-60 tahun, dan ditemukan pada laki-laki timbul lebih awal dibanding wanita. Di duga bahwa 90% orang yang sudah berusia 60  tahun lebih akanmengalami masalah ini. Namun, spondilosis servikal juga bisa dialami orang remaja ke dewasa walaupun belum berusia lanjut kemungkinan adanya rusaknya jaringan karena cedera atau benturan pada leher yang sangat keras.

Gejala Spondilosis servikal dapat memberikan dampak buruk terkait menyempitnya  pada saluran tulang belakang dan banyaknya tekanan saraf tulang belakang adanya gejala,  antara lain:

  1. Kaku pada leher.

Salah satu yang menyebabkan tulang belakang mengalami penyempitan adanya kaku pada leher memberikan kesulitan bergerak atau menoleh. Pergerakan secara lama dapat memperburuk keadaan, seringkali membuat penderita merasa tidak nyaman akan hal ini. Tetapi akan lebih baik jika segera di konsultasikan pada dokter terkait kakunya leher

  1. Sakit leher yang diperburuk saat batuk atau bersin.

Cuaca yang tidak mendukung terserang batuk dan bersin, pada sakit leher untuk keadaan normal adanya salah bantal atau posisi tidur yang salah

  1. Nyeri dapat menyebar ke daerah kepala, bahu, dan lengan.

Rasa nyeri dapat timbul di daerah bagian tertentu kemungkinan akan memberikan sinyal untuk  penderita kerusakan jaringan pada bagian tulang belakang. Untuk terjadi hal yang demikian usahakan tidak mengangkat beban berat dan olahraga bera di luar ruangan.

  1. Terasa kesemutan, kaku, dan lemah pada lengan, tangan, tungkai, dan kaki.

Untuk kegiatan yang mengandalkan tungkai kaki perhatikan lagi upaya pada saat sedang tidak olahraga secara terus menerus yang mengakibatkan nyeri ketika berlarian juga mendaki gunung atau menuruni tangga.

  1. Kesulitan berjalan dan susah mengoordinasikan gerakan.

Pada keadaan berjalan akan sulit kemungkinan beberapa saat ketika tidak dalam perjalanan itu akan membutuhkan waktu yang lama dalam memulai kesediaan untuk beraktifitas kembali

  1. Muncul gerakan involunter pada tungkai.

Tungkai adalah salah satu tulang yang menopang seluruh tubuh yang di tunjukan di bagian kaki. Untuk olahraga berat upayakan selalu menggunakan pemanasan dan ketika terasa tidak nyaman segeralah berhenti dari aktifitas.

  1. Tidak bisa menahan buang air kecil dan buang air besar.

Namun Spondilosis servikal bisa juga tidak menimbulkan gejala, apabila tidak menekan saraf tulang belakang. Mungkin hanya akan muncul nyeri dan kaku pada leher. Penanganan dan pengobatan spondilosis servikal adanya berat dari gejala yang bisa dirasakan. Jika ada tanda-tanda yang masih ringan, dokter akan memberikan kepada penderita obat-obatan pereda rasa sakit berupa paracetamol dan ibuprofen.

Referensi

alodokter.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*