x13. Biografi Soekarno Perjuangan Tanpa Kata Menyerah Hingga Akhir Hayat

Biografi Soekarno, Perjuangan Tanpa Kata Menyerah Hingga Akhir Hayat

Setelah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, dalam biografi Soekarno diceritakan bahwa masih banyak kisah perjuangan selanjutnta. Perjuangan tidak berhenti ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia sudah diresmikan. Serangan dan pemberontakan masih terus terjadi, sehingga pada saat itu para tokoh pahlawan nasional juga masih terus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Begitu beratnya perjuangan seorang Soekarno pada saat itu apalagi dalam jabatannya sebagai presiden pertama Republik Indonesia. Tentu sudah menjadi salah satu tanggung jawabnya untuk bisa mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang sudah diproklamirkan. Meskipun ada begitu banyak tantangan, tetapi kemerdekaan ini harus tetap diperjuangkan.

Para tokoh pahlawan termasuk Soekarno tidak menyerah begitu saja, meskipun kondisi politik di Indonesia kemudian mulai memanas. Bahkan kedatangan serangan sekutu juga membuat suasana menjadi semakin menegangkan. Tentunya dalam sejarah biografi Soekarno kita juga perlu memahami hal ini dengan baik, agar mengetahui bagaimana perjuangan berat pada masa itu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Serangan yang Dilakukan Sekutu

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan ternyata pihak sekutu tidak mengakui adanya kemerdekaan tersebut dan berusaha untuk kembali menjajah. Serangan demi serangan terus dilakukan oleh pihak sekutu untuk mejatuhkan Indonesia dalam mendapatkan kembali kekuasaannya sebagai penjajah. Namun rakyat Indonesia tidak menyerah begitu saja, tetap mempertahankan kemerdekaan sampai akhir.

Peristiwa yang terjadi di Surabaya, ketika Brigadir Jendral A.W.S Mallaby memimpin pasukan untuk menyerang Indonesia. Namun perjuangan rakyat Indonesia juga tidak berhenti dalam mempertahankan kemerdekaan yang sudah diproklamirkan. Hingga akhirnya tewaslah pemimpin pasukan sekutu tersebut. Sayangnya, serangan ini tidak hanya terjadi di Surabaya tetapi juga di banyak kota lain di Indonesia.

Dalam biografi Soekarno diceritakan bahwa dengan adanya serangan ini, Indonesia melaporkan agresi militer yang dilakukan oleh Belanda kepada PBB. Hal ini dikarenakan agresi militer yang dilakukan sudah merupakan sebuah pelanggaran perjanjian internasional, Linggarjati. Namun meskipun begitu Belanda tetap melakukan serangannya seperti sebelumnya di berbagai daerah.

Dengan adanya tekanan yang diberikan oleh Dewan Keamanan PBB maka pada tanggal 15 Agustus 1947 Belanda menyatakan penerimaan terhadap resolusi dan menghentikan agresi ke Indonesia. Meskipun memang sebelumnya masih ada perdebatan panjang karena memang Belanda masih tidak ingin melepaskan Indonesia merdeka begitu saja. Namun hal ini menjadi angin segar untuk rakyat Indonesia dengan berakhirnya serangan dari Belanda.

Perjuangan Hingga Akhir Hayat

Meskipun pernah dipenjarakan, diasingkan, bahkan dibuang tetapi Soekarno tetap melakukan yang terbaik untuk Indonesia. Kemerdekaan dan kesjahteraan rakyat Indonesia menjadi prioritasnya untuk diperjuangkan. Tidak ada hal apa pun yang menghalangi keinginannya untuk memerdekakan Indonesia. Meskipun ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi, tetapi tidak menyurutkan semangatnya dalam berjuang.

Bahkan dalam biografi Soekarno diceritakan saat sedang melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia, sebenarnya Soekarno sedang dalam keadaan sakit. Namun besarnya harapan dan keinginan untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Rasa sakit itu dilawan dan beliau tetap melakukan proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia, sesuai dengan yang telah direncanakan bersama dengan para tokoh nasional lainnya.

Tentu hal seperti ini belum tentu bisa dilakukan oleh banyak orang. Semangat juang yang tinggi menjadikan Soekarno sebagai sosok yang patut untuk dicontoh dan diteladani. Hingga pada tahun 1970, Soekarno meninggal dunia di RSPAD dan dimakamkan di Blitar dekat dengan makam ibunya. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam biografi Soekarno, terutama tentang tidak menyerahnya beliau memperjuangkan kemerdekaan.

Keyword: biografi Soekarno

Deskripsi: Dalam biografi Soekarno tentu sudah banyak dijelaskan mengenai perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia hingga akhir hayatnya tidak ada kata menyerah.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*