Pentingnya Pencacatan Barang Secara Rutin

Khusus untuk barang-barang yang cacat, Anda bisa mengumpulkannya ke dalam satu tempat lain dan jangan lupa pula untuk memberikan tanda atau catatan kecil mengenai keterangan cacat pada bagian mana atau lainnya. Pisahkan Stok Baru dan juga Stok Lama.

Sebagai contoh, jika ada seorang pelanggan yang membeli baju dengan kode HJ berwarna hijau, maka Anda sebagai penjual akan secara langsung paham dengan apa yang ditanyakan dan dipesan oleh pelanggan. Memberikan Kode di Setiap Barang Anda. Mulai dari data penjualan, pembelian, biaya, laba rugi, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk melakukan pencatatan secara rutin setiap ada barang yang masuk, pindah tempat, dan barang keluar. 5. Memisahkan stok baru dan stok lama cari gudang jakarta. Anda bisa memulai dari jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini.

Poin utama yang akan digunakan dan dibutuhkan di dalam semua hal yang berkaitan dengan manajemen tentunya adalah data yang akurat. 1. Memiliki gudang penyimpanan yang cukup. Manfaat dari sebuah manajemen gudang antara lain:

KETIK email Anda, lalu klik download maka semua Ebook, Template & Accounting Tools meluncur ke inbox Anda. Sehingga perusahaan harus memperhatikan sejak merancang SOP untuk bagian gudang, seperti; Bagian ini digunakan untuk meng-input data-data barang yang keluar.

C: Bagian 03: Tabel daftar barang masuk. Bila ketiga bagian Standard Operatign Procedure di atas di satukan dalam satu format SOP Warehouse – Stock Opname yang utuh, maka bentuknya seperti berikut ini: Perhatikan contoh format SOP Gudang – Stock Opanme bagian pengesahan berikut ini:

Pihak Terkait: Penjelasan tentang bagian/siapa saja yang terkait dengan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur, yaitu kepala gudang dan stafnya. Bagian yang berisi tentang jumlah halaman dari SOP Gudang – Stock Opname. Bagian ini menunjukkan judul atau nama dari Standar Operating Procedure, dalam hal ini adalah Standar Operasional Prosedur – SOP Stock Opname.

Bagian Header yang di-isi dengan logo atau nama perusahaan yang menerapkan Standard Operating Procedure. Yuk kita bahas cara membuat SOP Gudang – Stock Opname step-by-step. Bagaimana cara dan langkah untuk membuat Standar Operasional Prosedur – SOP Stock opname?

Yaitu setelah penjualan musim liburan akhir tahun dan sebelum memesan kembali persediaan untuk musim berikutnya. Sebagai contoh, kebanyakan perusahaan retail melakukan penghitungan fisik pada akhir Januari atau awal Februari. Kebanyakan perusahaan melakukan penghitungan fisik saat tingkat persediaan paling rendah.

Mengetahui bahwa penghitungan fisik akan dilaksanakan juga membantu mencegah penyalahgunaan persediaan oleh karyawan. Jika persediaan yang hilang jumlahnya tidak normal, maka manajemen dapat menyelidiki lebih jauh dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan. Hasil penghitungan fisik tersebut kemudian dibandingkan dengan catatan persediaan untuk menghitung jumlah persediaan yang hilang atau rusak.

Langkah awal yang dapat lakukan saat stock opname adalah memeriksa kartu stok, Seringkali membandingkan saldo tingkat persediaan maksimum dan minimum yang telah ditentukan sebelumnya memungkinkan pemesanan kembali tepat pada waktunya. Dalam buku besar pembantu persediaan, kita bisa mengetahui jumlah setiap jenis barang.

Manajemen persediaan antara lain mengembangkan dan menggunakan tindakan keamanan untuk mencegah kerusakan persediaan atau penyalahgunaan oleh pelanggan atau karyawan. Pengelolaan atas persediaan harus segera dimulai sejak barang dagang diterima. Berikut ini saya sajikan contoh SOP Warehouse lengkap yang merupakan gabungan bagian-bagian dari format standard operating procedure yang telah kita buat sebelumnya (di atas).

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*